“Board Game” sebagai sarana kegiatan pembelajaran di SMKN 11 Semarang

Pada Kamis, 24 Juli 2025, ruang Smart Classroom menjadi saksi kegiatan pembelajaran mendalam yang berlangsung dengan menggunakan Board Game. Kegiatan ini melibatkan peserta didik jurusan pengembangan perangkat lunak dan gim yang mengikuti sesi interaktif. Kegiatan ini dirancang untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, kerja sama tim, dan komunikasi efektif melalui permainan yang menyenangkan.

Board Game yang dipilih untuk sesi ini berfokus pada peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep penting yang diajarkan di kelas, dengan cara yang lebih aktif dan partisipatif. Para peserta didik terlihat antusias saat mengikuti berbagai tantangan yang disajikan dalam bentuk permainan, yang tidak hanya menguji kecerdasan mereka, tetapi juga kemampuan mereka dalam berkolaborasi dan memecahkan masalah secara kreatif.

“Permainan ini memberikan kami kesempatan untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Kami tidak hanya diajarkan teori, tetapi juga dapat langsung menerapkannya dalam permainan,” ujar salah satu peserta didik dengan penuh semangat.

Selama sesi pembelajaran, peserta didik diberi kesempatan untuk bekerja dalam kelompok kecil, saling berdiskusi, dan mencari solusi bersama. Keberhasilan dalam permainan tidak hanya bergantung pada pengetahuan yang dimiliki, tetapi juga pada kemampuan untuk bekerja sama, membuat keputusan cepat, dan berpikir kritis dalam situasi yang berubah-ubah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top